Selasa, 23 November 2010

Mari mempertimbangkan segala kemungkinan

Masih berkaitan dengan etika profesi. Dalam menghadapi suatu masalah, janganlah terburu-buru dalam mengambil keputusan. pikirkan segala kemungkinan. dan ambil kemungkinan yang dirasa terbaik. TANPA MERUGIKAN PIHAK LAIN. mari kita lihat contoh berikut:

Seorang auditor, sebut saja namanya Mawar, yang berperan sebagai ketua tim pada Inspektorat Jenderal Departemen X sedang melakukan audit pada suatu satuan kerja. Beberapa hari belakangan ini ia mengalami kebingungan untuk bersikap karena ia dihadapkan dengan permasalahan yang berkaitan dengan integritasnya sebagai auditor. Mawar sedang menghadapi permasalahan keuangan yang berkaitan dengan biaya pendidikan puteranya yang hendak memasuki sekolah menengah umum swasta yang mewajibkan pembayaran uang pangkal untuk gedung sekolah dalam jumlah yang cukup besar dan saat ini tak tersedia dana untuk itu. Puryadi, pimpinan auditan, yang mengetahui permasalahan tersebut menawarkan bantuan untuk membayarkan biaya tersebut.

Ulasan :

Mari kita mengulas dari salah satu teori tentang etika, yakni teori Utilitarian. Menurut teori ini, tindakan atau putusan dapat dinilai baik buruknya secara etis tergantung pada sejauh mana tindakan atau putusan itu membawa kebaikan bagi sebanyak mungkin orang lain. Perbuatan yang etis adalah perbuatan yang membawa kebaikan bagi sebanyak mungkin orang dan kerugian bagi sesedikit mungkin orang.

Untuk lebih mudahnya, mari kita lihat hubungan antara pilihan tindakan yang dapat dilakukan Mawar dengan konsekuansi yang didapatkan :


KEPUTUSAN
KONSEKUENSI
Menerima bantuan

1) Masalah keuangan teratasi
2) Integritas dan objektivitas dikorbankan
3) Pengguna laporan hasil audit tidak
memperoleh fakta yang sebenarnya
Menolak menerima
bantuan

1) Integritas dan objektivitas dapat
dipertahankan.
2) Masalah keuangan tidak teratasi
3) Pengguna laporan hasil audit
memperoleh fakta yang sebenarnya.
Meminjam uang dari
pihak ketiga (bank)
1) Integritas dan objektivitas dapat
dipertahankan.
2) Masalah keuangan sementara dapat
teratasi
3) Pengguna laporan hasil audit
memperoleh fakta yang sebenarnya.
Memilih sekolah lain yang
lebih murah

1) Integritas dan objektivitas dapat
dipertahankan.
2) Keuangan mungkin tidak menjadi
masalah
3) Pengguna laporan hasil audit
memperoleh fakta yang sebenarnya

Dengan menerapkan pada alternatif pilihan yang ada, dapat dihindari rusaknya kredibilitas tanpa mempersulit masalah yang sudah ada.
 
Yang harus menjadi sebuah pelajaran bahwa sesungguhnya suatu praktik atau perilaku yang dilandasi dengan ketidakbaikan maka akhirnya akan menuai ketidakbaikan pula termasuk kemadharatan bagi banyak pihak.

0 komentar:

Posting Komentar